Tugas WP1 Soal dan Jawaban
Soal dan Jawaban Tugas WP1
1. Apa yang dimaksud dengan pengembangan software?
Pengembangan
perangkat lunak(software) (juga
disebut pengembangan aplikasi, desain
perangkat lunak, merancang perangkat lunak, pengembangan aplikasi perangkat lunak, pengembangan aplikasi perusahaan, atau pengembangan platform)[1] adalah pengembangan suatu produk perangkat
lunak. Istilah
"pengembangan perangkat lunak" bisa dipakai untuk menyebut
aktivitas pemrograman
komputer, yaitu proses
menulis dan mengelola kode sumber, namun
dalam artian luas istilah ini mencakup semua hal yang terlibat antara
penciptaan perangkat lunak yang diinginkan melalui pewujudan akhir perangkat
lunak, idealnya dalam proses yang terencana dan terstruktur.[2] Karena itu, pengembangan perangkat lunak bisa mencakup
penelitian, pengembangan baru, purwarupa, modifikasi, pemakaian kembali,
rekayasa ulang, pengelolaan, atau aktivitas lain yang menghasilkan produk
perangkat lunak.[3]
2. Model
pengembangan software terdiri dari (sebutkan dan jelaskan) ?
1.Model Sekuensial Linier atau
Waterfall Development Model
Model
Sekuensial Linier atau sering disebut Model Pengembangan Air Terjun, merupakan
paradigma model pengembangan perangkat lunak paling tua, dan paling banyak
dipakai. Model ini mengusulkan sebuah pendekatan perkembangan perangkat lunak
yang sistematik dan sekunsial yang dimulai pada tingkat dan kemajuan sistem
pada seluruh tahapan analisis, desain , kode, pengujian, dan pemeliharaan.
2.Model Prototype
Metode
Prototype merupakan suatu paradigma baru dalam metode pengembangan perangkat
lunak dimana metode ini tidak hanya sekedar evolusi dalam dunia pengembangan
perangkat lunak, tetapi juga merevolusi metode pengembangan perangkat lunak
yang lama yaitu sistem sekuensial yang biasa dikenal dengan nama SDLC atau
waterfall development model.
3.Model Rapid Application
Development (RAD)
Rapid
Aplication Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembanganperangkat
lunak sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek
(kira-kira 60 sampai 90 hari). Model RAD ini merupakan sebuah adaptasi “kecepatan
tinggi” dari model sekuensial linier dimana perkembangan cepat dicapai dengan
menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen.
4.Model Evolutionary Development
/ Evolutionary Software Process Models
Model
Evolutionary Development bersifat iteratif (mengandung perulangan). Hasil
prosesnya berupa produk yang makin lama makin lengkap sampai versi terlengkap
dihasilkan sebagai produk akhir dari proses. Model Evolutionary Development /
Evolutionary Software
sumber
:
3.
ERD adalah ?
Pengertian dari ERD (Entity
Relationship Diagram) adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data
dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan
antar relasi.
ERD untuk memodelkan
struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan
beberapa notasi dan simbol.
4 . LRS adalah ?
Pengertian LRS (Logical Record Structure) Adalah
representasi dari struktur record-record pada tebel-tabel yang terbentuk dari
hasil antar himpunan entitas. Menentukan kardinalitas, jumlah table dan Foreign
Key (FK)
Sumber: http://mahasiswaamikbsitegal.blogspot.com/2015/04/entity-relational-diagram-erd-logical.html?m=1
5. UML
adalah ?
UML adalah sekumpulan alat
yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat
lunak berbasis objek. UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language.
UML juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang
berkelanjutan. Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat
menghambat pengembangan karena developer harus
melakukan penelusuran dan mempelajari kode program. UML juga dapat menjadi alat
bantu untuk transfer ilmu tentang sistem
atau aplikasi yang akan dikembangkan dari satu developer ke developer lainya. Tidak hanya antar developerterhadap orang bisnis dan siapapun dapat
memahami sebuah sistem dengan adanya UML.
Sumber : https://www.codepolitan.com/mengenal-diagram-uml-unified-modeling-language
6.
OOP adalah ?
object-oriented
programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrogramanberdasarkan konsep "objek", yang
dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta
kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini
dibungkus dalam kelas-kelasatau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek
lainnya,
Model data berorientasi objek dikatakan dapat
memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan
luas dalam teknik peranti lunakskala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP
mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan
pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Sumber :
7.
Komponen dari ERD (Sebutkan dan Jelaskan)?
ERD (Entity Relationship Diagram) merupakan suatu model untuk menjelaskan
hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang
mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan
hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan
simbol.
Terdapat 4 (empat) Komponen penyusun ERD (Entity Relationship) adalah
sebagai berikut:
1.
Entitas : Entitas merupakan objek yang mewakili sesuatu yang
nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Simbol dari entitas biasanya
digambarkan dengan persegi panjang.
2.
Atribut : Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut
yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Gambar
atribut diwakili oleh simbol elips.
3.
Relasi : Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari
himpunan entitas yang berbeda. Gambar Relasi diwakili oleh simbol belah ketupat
4.
dan,
Garis : Menghubungkan atribut dengan kumpulan entitas dan kumpulan
entitas dengan relasi
8.
Komponen dari LRS (sebutkan dan jelaskan)?
Logical Record
Structured (LRS)LRS adalah representasi dari
struktur record-record pada tabel-tabel yang terbentuk dari
hasil relasi antar himpunan entitas.
Menentukan Kardinalitas, Jumlah Tabel, dan Foreign Key (FK)
hasil relasi antar himpunan entitas.
Menentukan Kardinalitas, Jumlah Tabel, dan Foreign Key (FK)
9.
Komponen dari UML (sebutkan dan jelaskan)?
a. Use case diagram
Use case diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat
men-deskripsikan tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.
b. Activity Diagram
Activity diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada
sistem.
c. Sequence diagram
Sequence diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence diagram
juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat
menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram.
d. Class diagram
Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang
ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram
ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi
yang terdapat pada sistem tersebut.
e. Statemachine diagram
Statemachine diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML
yang menggambarkan transisi maupun perubahan keadaan suatu objek pada sistem.
f. Communication diagram
Communication diagram yaitu salah satu jenis diagram pada
UML yang dapat menggamabarkan tahapan terjadinya suatu aktivitas dan diagram
ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada pada sistem. Hampir sama
seperti sequence diagram akan tetapi communication diagram lebih menekankan
kepada peranan masing-masing objek pada sistem.
g. Deployment diagram
Deployment diagram yaitu salah satu diagram pada UML yang
menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik, dapat juga dikatakan untuk
menampilkan bagian-bagian softwere yang terdapat pada hardwere
dan digunakan untuk menerapkan suatu sistem dan hubungan antara komponen
hardwere. Jadi Deployment diagram intinya untuk menunjukan letak softwere pada
hardwere yang digunakan sistem.
h. Component diagram
Component diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
menggambarkan softwere pada suatu sistem. Component diagram merupakan
penerapan softwere dari satu ataupun lebih class, dan biasanya berupa file
data atau .exe, source kode, table, dokumen dsb.
i. Object diagram
Object diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
menggambarkan objek-objek pada suatu sistem dan hubungan antarnya.
j. Composite structure diagram
Composite structure diagram yaitu salah satu jenis diagram pada
UML yang menggambarkan struktur internal dari penklasifikasian (class,
component atau use case) dan termasuk titik-titik interaksi penklasifikasian
kebagian lainnya dari suatu sistem. Ini hampir mirip seperti class diagram akan
tetapi composite structure diagram menggambarkan bagian-bagian dari individu
kelas saja bukan semua kelas.
k. Interaction Overview Diagram
Interaction Overview diagram yaitu salah satu jenis diagram pada
UML yang berguna untuk men-visualisasikan kerjasama dan hubungan antara
activity diagram dengan sequence diagram.
l. Package diagram
Package diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML digunakan
untuk mengelompokan kelas dan juga menunjukan bagaimana elemen model akan
disusun serta mengambarkan ketergantungan antara paket-paket.
m. Diagram Timing
Diagram timing yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang
disebut sebagai bentuk lain dari interaksi diagram, dimana fokus yang paling
utamanya kepada waktu. Diagram timing berguna untuk menunjukan
faktor-faktor yang membatasi waktu antara perubahan state terhadap objek yang
berbeda.
Sumber : http://www.pengertianku.net/2015/09/pengertian-uml-dan-jenis-jenisnya-serta-contoh-diagramnya.html
10.
Konsep dari OOP (sebutkan dan jelaskan)?
1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
o Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah
laku dari sekumpulan data.
o Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint)
atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
o Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi
data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
o Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data
kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas
(property).
2. Enkapsulasi (encapsulation)
o Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan
fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk
menyembunyikan detail informasi.
o Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah
objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal
secara rinci.
o Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau
dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
o Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk
menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar,
udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
3. Pewarisan (Inheritance)
o Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi
sifat dari kelas lain yang sudah ada.
o Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara
bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi
semakin spesifik.
o Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi
detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
o Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat
menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada
kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
4. Polimorfisme (polymorphism)
o Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda
kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda
terhadap suatu pesan yang sama.
o Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek
untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung
letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
o Method overriding.
o Method name overloading.
·
Referensi
:
·
2.
Jeni-dasarpemrogramanjava.pdf
·
3.
Codenhead-javabasic.pdf
11. Bahasa
dalam OOP ( sebutkan dan jelaskan ) ?
Dalam OOP ada beberapa
bahasa pemrograman yang mendukung antara lain
·
Pascal (bahasa Pemrograman)
Pascal adalah bahasa
pemrograman yang pertama kali dibuat oleh Prof. Niklaus wirth, seorang anggota
international federation of information processing(IFIP) pada tahun 1971.
Dengan mengambil nama dari matematikawan prancis blaise pascal,yang pertama
kali menciptakan mesin penghitung Prof. Niklaus wirth membuat bahasa pascal ini
sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep program komputer kepada
mahasiswanya selain itu Prof. Niklaus membuat pascal juga untuk melengkapi
kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada saat itu.
·
C++
C++ adalah salah satu
pemrograman komputer dibuat pada tahun 1980an oleh Bell Blabs atau (Bjame
Stroustrup) sebagai pengembangan dari bahasa program C. Salah satu perbedaan
yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan kepada konsep program
berorientasi objek (Object Oriented Programing)
·
Microssoft Visual Basic.Net
Microssoft Visual
Basic.Net adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun plikasi yang
bergerak diatas sistem Net frame work,dengan menggunakan bahasa basic dengan
menggunakan alat ini para programmer dapat membangun aplikasi windows forms
aplikasi web berbasis ASP.Net,dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat
diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti microssoft
visual C++,Visual C#,atau Visual J#) Atau juga dapa diperoleh secara terpadu
dalam microssoft Visual studio.Net bahasa visual basic.Net sendiri menganut
paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai
evolusi dari microssoft visual basic versi sebelumnya yang diimplementasikan
diatas Net frame work peluncurannya mengundang kontroversi mengingat banyak
sekali perubahan yang dilakukan oleh microssoft dan versi baru ini tidak
kompatibel dengan versi terdahulu.
·
PHP
PHP adalah bahasa
pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini PHP banyak dipakai untuk
memrogram situs web dinamis walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk
pemakaian lain.
·
C#
C# adalah java versi
microssoft sebuah bahasa multi platform yang didesain untuk berjalan diberbagai
mesin C# adalah program berorientasi object atau OOP C# memiliki kekuatan
bahasa C++ dan portabilitas seperti java.
·
Delphi
Delphi adalah sebuah
bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak.
Produk ini dikembangkan
oleh Boorland( Sebelum dikenal sebagai Inprise ). Bahasa Delphi yang sebelumnya
dikenal sebagai object pascal ( Pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi
objek ( PBO / OOP ) ) Pada mulanya ditujukan hanya untuk microssoft windows
namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk zlinux
dan Microsoft Net frame work dengan menggunakan free Pascal yang merupakan
proyek open source bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang
berjalan disistem operasi MAC OS X dan Windows CE.
sumber : Sunyoto, Andi, 2017, AJAX Membangun web dengan teknologi asynchronous . javaScrip &XML Yogyakarta : penerbit ANDI.
sumber : Sunyoto, Andi, 2017, AJAX Membangun web dengan teknologi asynchronous . javaScrip &XML Yogyakarta : penerbit ANDI.
Komentar
Posting Komentar